Fiqih

Pembatal Puasa Menurut Madzhab Syafii

Bismillah, was-sholaatu was-salaamu ‘alaa rasuulillah wa ‘alaa aalihii wa man waalahu, amma ba’du. Setelah kita mengetahui syarat sah puasa, maka wajib bagi...

Written by Ilham Wahyudin · 1 min read >

Bismillah, was-sholaatu was-salaamu ‘alaa rasuulillah wa ‘alaa aalihii wa man waalahu, amma ba’du.

Setelah kita mengetahui syarat sah puasa, maka wajib bagi kita mengetahui pembatal-pembatal puasa agar puasa kita menjadi sah dengan menghindari pembatal-pembatalnya.

Di dalam Matan Al Ghayah wa Taqrib disebutkan:

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء: ما وصل عمدا إلى الجوف أو الرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والردة

Artinya: Dan hal-hal yang membatalkan puasa ada sepuluh: 1) segala sesuatu yang masuk ke rongga mulut atau 2) kepala, 3) huqnah pada salah satu dari dua jalan, 4) muntah secara sengaja, 5) bersenggama secara sengaja melalui kemaluan, 6) keluarnya mani dari bercumbu, 7) haid, 8) nifas, 9) gila, dan 10) murtad.[1]

Dijelaskan secara singkat di Kitab Fathul Qaribil Mujib:

أحدها وثانيها (ما وصل عمدا إلى الجوف) المنفتح (أو) غير المنفتح كالوصول من مأمومة إلى (الرأس)؛ والمراد إمساك الصائم عن وصول عين إلى ما يسمى جوفا. (و) الثالث (الحقنة في أحد السبيلين)، وهي دواء يحقن به المريض في قبل أو دبر، المعبر عنهما في المتن بالسبيلين. (و) الرابع (القيء عمدا)؛ فإن لم يتعمد لم يبطل صومه كما سبق

Artinya:

  • Pertama & Kedua (memasukkan sesuatu secara sengaja ke rongga mulut) yang terbuka atau tidak terbuka seperti memasukkan dari مأمومة ke kepala, maksudnya disini adalah seorang yang puasa harus menahan dari memasukkan sebuah benda kepada sesuatu yang disebut جوف atau rongga.
  • Ketiga: (huqnah pada salah satu dari dua jalan), dan huqnah adalah obat yang dimasukkan ke tubuh orang yang sakit melalui qubul atau dubur, inilah yang dimaksud dari salah satu dari dua jalan yang disebutkan di matan.
  • Keempat: (muntah secara sengaja); maka bila tidak sengaja tidak membatalkan puasa

Kemudian penulis melanjutkan:

(و) الخامس (الوطء عمدا في الفرج)؛ فلا يفطر الصائم بالجماع ناسيا كما سبق. (و) السادس (الإنزال) وهو خروج المني (عن مباشرة) بلا جماع محرما كإخراجه بيده أو غيرَ محرم كإخراجه بيد زوجته أو جاريته. واحترز بمباشرة عن خروج المني باحتلام، فلا إفطار به جزما. (و) السابع إلى آخر العشرة (الحيض، والنفاس، والجنون، والردة). فمتى طرأ شيء منها في أثناء الصوم أبطله

Artinya:

  • Kelima: (bersenggama secara sengaja melalui kemaluan); maka tidak batal bila seseorang bersenggama dalam keadaan lupa, sebagaimana telah dijelaskan.
  • Keenam: (keluarnya mani dari bercumbu) tanpa melakukan senggama secara haram seperti mengeluarkan mani dengan tangannya sendiri atau dengan tangan istrinya atau budak perempuannya. Dan hal ini tidak berlaku untuk mimpi basah, hal ini tidaklah membatalkan puasa.
  • Ketujuh hingga ke sepuluh: (haid, nifas, gila, dan murtad) maka bilamana muncul hal-hal tersebut di tengah-tengah puasa, maka hal itu membatalkan puasanya.[2]
Bagikan

Referensi

Referensi
1 Matan Al Ghayah wa Taqrib, Hlm. 23, Cet. Darul Masyari’: 1996
2 Kitab Fathul Qaribil Mujib fi Syarhi Alfadzi Taqriib, Hlm. 222, Cet. Muassasah Ar Risalah: 2020
Written by Ilham Wahyudin
Mahasiswa Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, hobi belajar, membaca, menulis, blogging, dan koding. Salah satu ayat yang menginspirasi saya ialah من عمل صالحا من ذكر أو أنثى فلنحيينه حياة طيبة. Hal ini dikarenakan ia merupakan pokok kebahagian makhluk-Nya. Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *